You are currently viewing SMK MUHAMMADIYAH 2 BANJARMASIN MELAKSANAKAN UJIAN KOMPETENSI KEJURUAN (UKK) 2023 – 2024

SMK MUHAMMADIYAH 2 BANJARMASIN MELAKSANAKAN UJIAN KOMPETENSI KEJURUAN (UKK) 2023 – 2024

Banjarmasin, smkm2bjm – Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa – siswi SMK kelas XII untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. UKK dilaksanakan bersama mitra dunia usaha/industri. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan.

SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin melaksanakan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) di mulai pada tanggal 4 – 9 Maret 2024 yang berlokasi di dua tempat, yaitu cempaka 2 dan cempaka 13. Total siswa – siswi yang mengikuti UKK berjumlah 109 yang terbagi dari 4 kejuruan TKJ, TBSM, TKRO dan TB kelas XII.

Sebelum melaksanakan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) anak – anak terlebih dahulu melaksanakan kegiatan pembiasaan setiap pagi sholat dhuha dan mengaji di jam 07.30 WITA kemudian sebelum memasuki ruangan para peserta UKK berbaris dan di berikan arahan oleh wakasek kesiswaan dan para ketua program kejuruan masing – masing, baru mereka memasuki ruang ujian praktik.

Dalam pelaksanaannya, para siswa – siswi akan di uji keterampilannya oleh beberapa industri/instansi yang sudah menjalin kerjasama dengan SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin, seperti Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dari PT. Upaya Tehnik, Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dari PT. Mitra Megah Profitamas, Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dari Trio Motor dan Jurusan Tata Busana (TB). Pengujian di laksanakan sesuai SOP yang sudah ada. Dan juga, siswa dihimbau untuk selalu menerapkan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Adapun hal yang ingin dicapai dalam Pelaksanaan UKK ini adalah terlaksananya proses asesmen bagi seluruh peserta didik SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin kelas XII melalui serangkaian kegiatan uji kompetensi yang dilaksanakan secara efektif, efisien, dan terukur, kemudian diterbitkannya sertifikat kompetensi bagi seluruh peserta UKK yang dinyatakan kompeten sesuai kompetensi keahlian dari masing – masing kejuruan.

Dengan diadakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) ini semoga setiap anak bisa menunjukan hasil yang maksimal dan berkompeten, karena mekanisme penilaian UKK ada dua, yaitu  dari penguji internal (pihak sekolah) dan penguji ekternal dari Dunia Usaha / Dunia Industri. SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin mengucapkan selamat dan sukses kepada para siswa Рsiswi yang telah mengikuti UKK, serta berterima kasih kepada pihak industri yang telah membantu dalam pelaksanaan uji kompetensi di SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin.

Berikut ini testimoni dari dunia industri perihal dalam pelaksanaan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin, khusus nya dari TKJ – PT. Upaya Tehnik Bapak Arif Achmadi.