Workshop Literasi Digital – “Peningkatan Kompetensi Siswa SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin”

Assalamualaikum Wr.Wb.

Sabtu, 18 September 2021 SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin menggelar acara Workshop Literasi Digital bertemakan “Peningkatan Kompetensi Siswa SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin Jurusan Teknik Komputer Jaringan”.

Mengapa kegiatan ini dilaksanakan ?

Kegiatan ini diperlukan untuk meningkatkan kompetensi para siswa siswi SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin Khususnya jurusan Teknik Komputer Jaringan mengenai Fiber Optik dan untuk memberikan edukasi ke para siswa mengenai Bahaya Hoaks & Keamanan privasi digital. Karena para siswa siswi ini masih banyak sekali yang belum mengerti & memahami mengenai bahaya Hoaks & Keamanan privasi digital.

Acara workshop tersebut berkolaborasi dengan :

  1. Dunia Industri PT. Upaya Teknik Banjarmasin (Arif Achmadi – Materi Fiber Optik)
  2. Relawan TIK Kalsel (Ari Rahman, S.Kom – Materi Hoaks)
  3. Jawara Internet Sehat (M. Wida Permana Putra, S.Kom – Keamanan Privasi Digital)

Kegiatan di laksanakan secara hybrid penggabungan antara offline & online. Kegiatan Offline bertempat di RPS sekolah SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin yang dihadiri sebanyak 50 siswa & untuk yang online diadakan secara Live Streaming di youtube “SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin”.

Acara dibuka dengan sambutan Oleh Ibu Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin, Ibu Fastamik Lima Yuha, S.Ag. Ibu kepala sekolah berpesan kepada para peserta manfaatkan dengan baik acara workshop kali ini apabila ada yang kurang mengerti / kurang paham tanyakan dengan para narasumber yang memberikan materinya karena ini kesempatan kalian untuk meningkatkan kompetensi kalian masing-masing. Dan ibu kepala sekolah juga berterimakasih kepada PT Upaya Teknik Banjarmasin yang selalu mendukung kegiatan-kegiatan di SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin khususnya pada jurusan Teknik Komputer Jaringan.

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin

Acara berikutnya pengisian materi mengenai Hoaks yang disampaikan oleh bapak Ari Rahman,S.Kom sebagai ketua Relawan TIK Kalsel. Sebelum berbicara jauh mengenai Hoaks, pak Ari Rahman memberikan sebuah pertanyaan ke para peserta “APA ITU HOAKS ?”. Hoaks adalah berita yang tidak benar. Saat ini penyebaran Hoaks paling banyak adalah melalui Media Sosial (Whatsapp, Facebook, Instagram & Twitter). Berita Hoaks sangat cepat sekali waktu penyebarannya ketimbang bentuk klarifikasi dari berita hoaks tersebut. Jadi di harapkan para peserta dapat memilah-milah bentuk berita mana yang termasuk hoaks dan mana yang termasuk fakta, agar para peserta tidak ikut menyebarkan Namanya berita hoaks.

Narasumber 1

Acara berikutnya mengenai “Keamanan digital di ponselmu” yang disampaikan oleh bapak M. Wida Permana Putra, S.Kom sebagai relawan Jawara Internet Sehat. Dalam materi yang di sampaikan oleh bapak putra ada 3 point penting disitu yaitu :

  1. Ancaman Keamanan di Ponsel
  2. Tips aman Online
  3. (Merah-Kuning-Hijau) Panduan Keamanan Digital

Di akhir materi pembicara berpesan bahwa dalam dalam setiap paasword yang kita gunakan di ponsel kita, “jangan biarkan orang lain melihat, tidak boleh membagikan dengan siapa pun & sering-seringlah mengubahnya untuk menjaga keamanan & privasi di ponsel kita”

Narasumber 2

Acara berikutnya disampaikan oleh bapak Arif Achmadi mengenai kompetensi kejuruan TKJ Fiber Optik. Dalam pemaparan materi mengenai fiber optik, bapak arif achmadi di bantu oleh asisten beliau yang bernama alimin. Dimana alimin adalah salah satu dari 5 orang alumni siswa SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin yang pada tahun 2021 ini yang diterima langsung oleh PT. Upaya Teknik untuk dapat bekerja di perusahan tersebut.

Narasumber 3

Pak arif memulai dengan memperkenalkan semua peralatan yang dibutuhkan dalam belajar Fiber Optik, Mulai dengan :

  1. Stripper
  2. Tube
  3. Patch Core
  4. Pigtail
  5. Splicer
  6. Cleaver
  7. Sleeve Protector
  8. Visual Fault Locator

Setelah memperkenal peralatan yang digunakan untuk FO, beliau langsung memberikan eduksi kepada para siswa dengan melakukan cara bagaimana cara pengelupasan kabel FO sampai proses melakukan cara penyambungan kabel FO. Tidak sampai situ beliau menunjuk beberapa peserta workshop untuk langsung melakukan praktek bagaimana cara penggunaan alat-alat FO dan proses penyambungan kabel FO. Terakhir bapak arif achmadi memberikan pesan kepada para peserta workshop bahwa pada proses magang nanti “Tolong selalu jaga kepercayaan baik dari tempat Industri dan dari sekolah, dan tunjukan kemampuan kalian di tempat magang”.

Galeri Foto Kegiatan Workshop Literasi Digital

Live Workshop Literasi DIgital

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *