SMK MUHAMMADIYAH 2 BANJARMASIN telah melaksanakan kegiatan IHT (In House Tranning) selama 2 hari yaitu tanggal 7 Juli – 8 Juli 2020 yang Bertempat di SMK MUHAMMADIYAH 2 BANJARMASIN jalan cempaka 2 No 10.

Kegiatan ini merupakan Program Sekolah yang diadakan oleh tim kurikulum dimana dimasa pandemi covid – 19, berjalannya waktu tahun ajaran baru akan segera berlangsung harapan sekolah SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin ingin memberikan pelayanan yang terbaik terhadap Peserta Didik untuk berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Momen ini pun sangat baik tentunya untuk memberikan motivasi terhadapat pendidik SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin. Karena dimasa pandemi covid-19 ini kegiatan belajar mengajar tentu berbeda dengan biasanya. Maka dari itu untuk menyamakan presepsi, acuan, serta tindakan para pendidik untuk program belajar mengajar secara online.

Dalam pembelajaran SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin menggunakan Aplikasi Elearning dalam menunjang Kegiatan Belajar Mengajar dimasa pendemi ini. Tidak hanya disitu momen IHT seperti ini diharapkan menambah pendidik/ guru dapat menambah wawasan, ilmu pengetahuan dan bersilahturahmi menjalin kekompakan, kerjasama serta kebersamaan guna menjadikan SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin menjadi lebih maju dan lebih baik lagi dari sebelumnya.

Dalam kegiatan ini Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Banjamasin Ibu Fastamik Yuha Lima, S.Ag memberikan sambutannya berkenaan dengan Pembelajaran Elearning ini agar kiranya Pendidik/Guru dapat mengikuti IHT dengan semangat untuk mempersiapkan Pembelajaran secara  online. Kegiatan In House Tranning ini dihadiri sebanyak 30 Pendidik. Hal ini pun dibenarkan oleh Wakasek Kurikulum SMK MUHAMMADIYAH 2 Banjarmasin Ibu Niswatil Hilma, S.Pd selaku moderator di acara IHT.

Di hari pertama IHT tentang pembelajaran online ini yang disampaikan oleh Bapak Munsyi, S.Kom, M.T mengenai elearning diharapkan pendidik dapat meningkatkan kreatifitas pada pembelajaran daring. Pendidik/Guru dapat mengatur segala pembelajaran yang akan dilaksanakan tahun 2020/2021, berkenaan dengan pandemi covid-19. Beliaupun menyampaikan bahwa Pendidik/Guru akan bisa dan mampu membuat pembelajaran daring ini selama guru tersebut memiliki motivasi belajar yang tinggi.

Pada hari ke-2 tentang Pembelajaran online pemberi materi yaitu pak Arif Rahman, S.Kom, M.I.Kom, beliau menyampaikan secara rinci dan detail tentang Aplikasi Elearning ini dimana beliau sudah menggunakan aplikasi tersebut. Didalam aplikasi pembelajaran elearning banyak cara dan guna untuk menyampaikan materi sesuai petunjuk yang diberikan. Agar dalam pembelajaran elearning berjalan lancar dan baik sebaiknya seorang Pendidik / Guru dapat memberikan petunjuk serta arahan yang benar guna peserta didik dapat lebih teliti menjalankan tugas secara baik dan benar. Beliaupun berpesan bahwa bagaimana menciptakan kegiatan pembelajaran yang offline bisa di jadikan sistem online. Alhamadulillah dalam hal ini peran guru antusias dalam menyusun pembelajaran online. Ada beberapa pertanyaan yang dilontarkan kepada Pak Arif Rahman tentang meletakkan video ke dalam aplikasi elearning. Ada pula tentang kelas memasukan kegiatan / materi apakah dapat di copy paste atau langsung agar cepat dan mudah peran guru dalam melakukan materi pembelajaran.

Acara IHT selama 2 hari berlangsung lancar dan semoga dengan mengadakan acara ini para pendidik dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan untuk mengembakan proses pembelajaran secara ilmu kepada peserta didik.

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *