Guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah pertama dan pendidikan menengah ke atas dalam jalur pendidikan formal atau  sekolah. Guru-guru seperti ini harus mempunyai semacam kualifikasi formal. Profesi guru saat ini masih banyak diminati bahkan ada siswa yang ingin sama seperti guru kelak nantinya ketika diajarkan dalam ruang lingkup pembelajaran di sekolahnya dulu, bahkan sebagian mereka memiliki cita-cita yang luar biasa melebihi guru dan orang tuanya. Hal ini menandakan peran seorang guru sangatlah penting dan sangat patut untuk diapresiasikan. Penting dalam artian seorang guru merupakan suri tauladan bagi siswanya dan dalam peribahasa Jawa guru digugu dan ditiru merupakan pondasi dari menjabaran tersebut. Digugu ditiru merupakan guru harus bisa dipercaya dan mampu menjadi panutan yang baik.

Dunia pendidikan memang tak lepas dari sentral bernama guru. Peran dan tanggung jawab yang amat besar bergantung di pundak untuk dapat mencerdaskan kehidupan bangsa dan dapat memajukan negara. Banyak yang dilakukan guru serta jasa-jasanya tak terhingga namun pencaiannya terlihat, bidang apapun yang dikerjakan, dilakukan serta diraih seseorang dari generasi ke generasi tidak lepas dari peran guru. Pada tanggal 25 Nopember merupakan Hari Guru Nasional setiap tahunnya diperingati banyak momen peringatan yang dilaksanakan untuk memeriahkan hari guru. Siswa-siswi SMK Muhammadiyah 2 melaksanakan peringatan hari guru dengan memilih guru favorit, membuat puisi untuk guru, dan menulis surat untuk guru melalui link yang disediakan.

Dalam memperingati Hari Guru Nasional 2021 Ibu Kepala Sekolah Fastamik Lima Yuha, S.Ag mengatakan : Hari Guru adalah hari yang istimewa sebagai apresiasi terhadap guru (pahlawan tanpa tanda jasa). Dalam perspektif pedagogis guru menjalankan peran mengajar yaitu suatu ilmu pengetahuan kepada para siswa yang diajarnya, sedangkan mendidik yaitu menanamkan nilai budaya positif kepada para siswa yang diajarnya, membimbing siswa  setiap hari di sekolah dengan memotivasi agar selalu semangat menggapai masa depannya. Sehingga kecerdasan intelektual IQ, kecerdasan emosional EQ dan Kecerdasan spiritual ISQ mutlak dimiliki guru. Merekalah yang membentuk karakter orang-orang hebat dan sukses disetiap generasinya. Semoga perjuangan guru dapat dinikmati oleh generasi masa depan dan guru yang istiqomah selalu berjuang untuk siswa didiknya. Semoga lelahnya menjadi lillah.

“ Jadikan setiap tempat sebagai sekolah, jadikan setiap orang sebagai guru – Ki Hajar Dewantara”

“Selamat Hari Guru Nasional, Karena guru, kita tahu banyak ilmu. Karena guru, lahir generasi yang cerdas.

” SKAMUDA BISA !  BISA KARENA TERBIASA !

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *